Uni Eropa Keluarkan Daftar Hitam 17 Negara Surga Pajak

Uni Eropa telah menerbitkan daftar hitam berisi 17 negara yang dinyatakan sebagai  surga pajak (tax havens).

Pihak Uni Eropa menyebutkan babwa negara-negara tersebut tidak kooperatif terkait dengan urusan perpajakan. Negara-negara tersebut dinyatakan telah melakukan praktik pajak yang tidak adil atau tidak membagikan informasi keuangan penting dengan Uni Eropa.

Seperti yang telah dikutip dari CNN Money pada Senin (11/12/2017), Uni Eropa menyatakan bahwa negara-negara tersebut akan dikenai pengukuran dan penalti terkait kebijakan luar negeri, hubungan ekonomi, dan kerja sama pembangunan.

Beberapa negara yang dimaksud diantaranya adalah Korea Selatan, Barbados, Saint Lucia, Bahrain, Panama, dan Uni Emirat Arab.

Penalti yang akan dijatuhkan tersebut di antaranya dapat berupa kewajiban dokumen khusus dan penilaian pajak. Negara-negara Uni Eropa juga diminta agar dapat melakukan audit dan bisa memonitor transaksi dengan negara-negara yang dimaksud.

Uni Eropa tengah berupaya untuk melawan penghindaran pajak dalam beberapa tahun terakhir setelah beberapa kasus tingkat tinggi terpublikasi. Yang terakhir adalah Paradise Papers atau Dokumen Surga.

Dalam dokumen itu disebutkan bahwa sejumlah korporasi, pemimpin pemerintahan, dan orang-orang tersohor telah menggunakan akun offshore atau di luar negeri untuk menghindari pajak atau menyembunyikan aset mereka.

Tahun lalu, Uni Eropa telah mengajukan aturan baru yang mendorong perusahaan-perusahaan multinasional yang beroperasi di kawasan itu agar bisa membeberkan rincian mengenai operasi mereka di negara-negara surga pajak.

Perusahaan-perusahaan tersebut juga harus merangkum besaran pajak yang harus mereka bayarkan di negara-negara di seluruh dunia.

Dibawah ini merupakan daftar 17 negara yang dianggap sebagai surga pajak oleh Uni Eropa, diantaranya:
1. Samoa Amerika
2. Bahrain
3. Barbados
4. Grenada
5. Guam
6. Korea Selatan
7. Makau
8. Kepulauan Marshall
9. Mongolia
10. Namibia
11. Palau
12. Panama
13. Saint Lucia
14. Samoa
15. Trinidad dan Tobago
16. Tunisia
17. Uni Emirat Arab

Sumber: CNN Money


Category: Uncategorized

Tags: , , ,