Instansi Penyumbang PNBP Terbaik

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menggelar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Award 2017. Ajang penghargaan PNBP Award 2017 ini merupakan bentuk penghargaan dari pemerintah kepada instansi dan perusahaan yang telah berkontribusi besar terhadap penerimaan negara melalui PNBP.

Sri Mulyani mengungkapkan bahwa dalam 10 tahun terakhir ini kontribusi PNBP terhadap penerimaan negara mencapai 25 persen. Misalnya dari sumber daya alam, kontribusi PNBP dari minyak mentah ini menjadi yang tertinggi yakni sebesar Rp 205 triliun pada 2014. Namun harus anjlok dengan realisasi terendah yang hanya sebesar Rp 44 triliun di 2016.

“Peranan PNBP di dalam penerimaan negara, APBN kita itu cukup signifikan. Data 10 tahun terakhir sekitar 25 persen,” ujar Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (30/11/2017).

Sri Mulyani menegaskan bahwa yang terpenting dari PNBP ini bukan sekadar seberapa besar sumbangan PNBP bagi negara, akan tetapi timbal balik yang dirasakan oleh masyarakat dari uang yang dibayarkan untuk PNBP.

“Ini adalah tahun kedua, tapi ini juga waktu yang tepat bukan sekadar award, tapi juga memahami peranan PNBP itu. ‎Saat masyarakat tahu apa yang didapat dari apa yang mereka bayar. Di situlah definisi negara yang maju dan bermartabat,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani mengatakan bahwa peran PNBP itu sangat penting bagi penerimaan negara secara keseluruhan.‎ Hal itu dikarenakan PNBP telah memberikan sumbangan cukup signifikan yang berasal dari berbagai sumber.

“Kontribusi PNBP ini penting bagi penerimaan. ‎Mak dari itu, pada 2018, PNBP kita targetkan sebesar Rp 875 triliun dari total 1.890 triliun (penerimaan negara),” ujar dia.

Askolani mengungkapkan bahwa selain berperan dalam penerimaan negara, PNBP ini juga berfungsi dalam memperbaiki pelayanan instansi negara kepada masyarakat. Hal itu dikarenakan, perbaikan pelayanan tersebut bisa dibiayai dari PNBP sehingga apa yang dibayarkan masyarakat berupa PNBP bisa dinikmati kembali oleh masyarakat.

“PNBP memiliki fungsi, yaitu penerimaan dan pelayanan publik karena sebagian PNBP ini digunakan RKA Kementerian/Lembaga. Kita bisa lihat perbaikan layanan di Kementerian Hukum dan HAM dan Kepolisian. Juga diharapkan lebih baik di pertahanan, TNI, perhubungan, pendidikan, kesehatan, dan fungsi lain,” terangnya.

Dibawah ini merupakan daftar pemenang PNBP Award 2017:

Kategori Kementerian/Lembaga dengan penerimaan di atas Rp 1 triliun;

  • Kepolisian RI
  • Kementerian Komunikasi dan Informatika
  • Kementerian Perhubungan

‎Kategori Kementerian/Lembaga pengelola PNBP terbaik kelompok penerimaan sampai dengan Rp 1 triliun;

  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • Kementerian Koperasi dan UKM
  • Badan Pusat Statistik

Kategori bank dan pos persepsi yang berperan aktif dalam implementasi sistem informasi PNBP online;

  • PT BRI (Persero) Tbk
  • PT Pos (Persero)
  • PT BNI (Persero) Tbk
  • PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Sumber : liputan6.com


Category: Berita pajak

Tags: , , , ,