Menko Darmin: Pembentukan Satgas Perizinan Investasi Sudah 90 Persen

Satuan tugas (Satgas) perizinan, yang rencananya dibentuk dengan tujuan untuk mengawal proses penerbitan perizinan investasi di Indonesia, kini sudah hampir selesai dan siap bertugas.

Informasi soal kesiapan satgas perizinan tersebut diungkapkan oleh Darmin Nasution selaku Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian saat ditemui di sela acara Kompas 100 CEO Forum, di Raffles Hotel, Jakarta, Rabu (29/11/2017).

“Masing-masing satgas, saya sudah liat sudah 90 persen dibentuk, tinggal 10 persen lagi,” ungkap Darmin.

Rencananya satgas perizinan tersebut akan diletakkan di pusat dan daerah, dengan tanggung jawab pengelolaan masing-masing berada di tangan Sekretaris Jenderal (Sekjen) dan Sekretaris Daerah (Sekda).

Dengan beberapa tanggung jawab yang berupa memonitor proses pengurusan izin investasi, evaluasi, serta mengurai berbagai hambatan yang ditemukan.

Apabila satgas di daerah tidak bisa menyelesaikan suatu permaslahan, maka nantinya harus dilaporkan ke satgas pusat agar bisa ditangani langsung.

Selain soal satgas, Darmin juga mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat ini akan dilakukan integrasi perizinan dan penerapan sistem online.

Integrasi perizinan dibuat dengan harapan agar orang yang ingin berusaha atau para calon investor cukup datang mengajukan izin ke satu kantor Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Jika usaha tersebut membutuhkan berbagai macam perizinan yang berbeda, maka prosesnya akan dikerjakan langsung oleh PTSP tersebut.

Sedangkan sistem online berguna untuk membuat pengajuan izin usaha bisa dilakukan menggunakan aplikasi smartphone atau situs tertentu.

“Kami sedang menyusun perizinan online. Kami harap april tahun depan sudah berjalan online dan terintegrasi. Investor cukup datang ke satu gedung dan semua urusan selesai. Kita yang akan urusi semua masalahnya, jangan dia yang pusing mengurus perizinan padahal kita yang butuh dia untuk investasi,” terangnya.

Sebelumnya, Darmin telah mengungkap bahwa pemerintah berencana akan membentuk satgas pengawasan perizinan.

Ketua satgas tersebut dipegang langsung oleh Darmin, sedangkan keanggotaan Satgas itu terdiri atas 12 pimpinan kementerian atau lembaga.

Sumber: kompas.com


Category: Berita Bisnis

Tags: , , ,