Robert Pakpahan Dicalonkan sebagai Dirjen Pajak

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Robert Pakpahan mengungkapkan bahawa ia telah mendengar informasi bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) hendak memilih dirinya agar bisa menempati posisi Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak yang akan ditinggal oleh Ken Dwijugiasteadi pada 1 Desember 2017 ini.

“Itu setiap ketetapan (kewenangan) Presiden, jadi no comment lah. Belum ada keputusan,” ujar Robert saat ditemui usai acara Indonesia PPP Day 2017 di gedung Kemenkeu pada Rabu (29/11/2017).

Seperti diketahui, beberapa hari lalu beredar informasi tentang Presiden Jokowi yang mencalonkan nama Robert Pakpahan sebagai pengganti Dirjen Pajak saat ini Ken Dwijugiasteadi. Berdasarkan pemberitaan di The Jakarta Post, salah satu sumber mereka di lingkungan istana membenarkan tentang kabar tersebut.

Meski demikian, sampai saat ini belum ada pengumuman secara resmi dari Presiden Jokowi soal posisi dirjen pajak yang baru. Beberapa waktu lalu, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati juga belum mau berkomentar ketika ditanyai perihal topik tersebut.

Robert tercatat sudah cukup lama mengabdi di lingkungan Kemenkeu. Berdasarkan laman resmi dari Kemenkeu di weblama.kemenkeu.go.id, pria kelahiran Tanjung Balai, 20 Oktober 1959 itu sudah meniti karir di dunia keuangan sebagai Tenaga Pengkaji Bidang Ekstensifikasi dan Intensifikasi Pajak dari tahun 2003 hingga 2005 silam.

Ia juga dipercaya menjadi Direktur Potensi dan Sistem Perpajakan dan sebagai Direktur Transformasi Proses Bisnis hingga tahun 2006.

Robert juga pernah mengemban tugas Staf Ahli Bidang Penerimaan Negara pada tahun 2011 hingga dilantik menjadi Dirjen Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan per 27 November 2013.

Bersamaan dengan penyempurnaan sistem organisasi di Kemenkeu, Robert kembali dilantik pada 19 Maret 2015 sebagai Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko hingga sekarang.

Mengenai riwayat akademik, Robert tercatat menempuh pendidikan Diploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) pada tahun 1981. Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya dengan mengambil Diploma IV di STAN dari tahun 1985 hingga 1987.

Untuk pendidikan tingginya, Robert telah meraih gelar Doctor of Philosophy in Economics dari University of North Carolina at Chapel Hill, Amerika Serikat pada tahun 1998.

Sumber: kompas.com


Category: Berita pajak

Tags: , , ,