XL Axiata dan PBNU Kerja Sama Bangun Ekonomi Kreatif

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia,Rudiantara, Presiden Direktur/CEO XL Axiata, Dian Siswarini dan Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj acara peluncuran program “XL NUsantara – Ekosistem Ekonomi Kreatif Berbasis Digital”.

Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bekerja sama dalam memanfaatkan perkembangan teknologi digital secara positif melalui Program “XL NUsantara – Ekosistem Ekonomi Kreatif Berbasis Digital”.

Dalam program tersebut, kedua pihak akan bersama-sama memfasilitasi anggota Nahdlatul Ulama (NU) dan masyarakat luas agar bisa memanfaatkan teknologi digital secara produktif dan positif.

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj mengatakan bahwa kerja sama antara XL Axiata dengan PBNU ini merupakan wujud bersama seluruh stakeholder bangsa untuk menjaga NKRI dan memasyarakatkan Islam Nusantara.

“Disisi yang lain, kolaborasi ini diharapkan mampu menggerakkan potensi bangsa dan negara untuk memenangkan persaingan global,” ujar Said Aqil melalui keterangan tertulisnya, Senin (22/5/2017).

Said Aqil juga menjelaskan bahwa pemanfaatan teknologi digital ini dimulai dari digitalisasi kepengurusan NU sendiri untuk mengefisienkan komunikasi antarpengurus, dari pengurus ke anggota, pengurus ke publik maupun antar anggota NU.

Dengan adanya platform digital, komunikasi menjadi lebih mudah dan interaktif dalam berbagai format baik tulisan, suara, gambar, maupun video. Sehingga, komunikasi multi arah dalam komunitas besar ini akan menstimulasi partisipasi aktif anggota menyampaikan ide dan aspirasi.

“Hal ini diyakini akan mendorong kreativitas kolektif anggota komunitas NU untuk melahirkan inovasi-inovasi berupa program ekonomi, sosial maupun budaya,” katanya.

Presiden Direktur/CEO XL Axiata, Dian Siswarini juga mengatakan bahwa XL Axiata akan memberikan dukungan untuk mewujudkan pusat komando di kantor PBNU, untuk keperluan penyediaan creative content berupa teks, audio atau video yang akan disiarkan ke seluruh warga NU di seluruh Indonesia melalui berbagai media digital.

“Selain itu, pusat komando tersebut juga akan bertindak sebagai sarana pelaporan tanggap darurat jika ada kejadian luar biasa di lingkup jamaah NU,”ujar Dian.

Program XL-NUsantara juga akan mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif berbasis digital di Indonesia yang akan diwujudkan melalui beberapa bidang, terutama bidang pendidikan, ekonomi, pemberdayaan masyarakat, serta entertainment.

Dalam implementasinya, program ini nanti akan menggunakan pendekatan dan pengembangan Community, Collaboration, and Co-Creation yang terbuka bagi berbagai pihak untuk berpartisipasi.


Category: Berita Bisnis

Tags: , , ,