kunjungan kenegaraan raja dan ratu swedia

Kunjungan kenegaraan raja dan ratu Swedia ke Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut gembira dengan adanya kerja sama antara Indonesia dengan Swedia dalam beberapa tahun terakhir meningkat secara signifikan. Hal tersebut membuat hubungan kedua negara semakin intensif dan beragam.

“Swedia merupakan mitra perdagangan terbesar Indonesia dari Kawasan Nordik. Angka investasi Swedia meningkat lebih dari 1.400 persen pada 2016, dibanding 2015,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan pers bersama Raja Swedia, Carl XVI Gustaf, di Istana Bogor, Senin 22 Mei 2017.

Jokowi juga mengungkapkan bahwa kerja sama yang intensif itu juga terlihat dari sektor pariwisata yang meningkat pesat. Promosi yang dilakukan Indonesia membuahkan hasil yang menggembirakan.

“Jumlah turis juga meningkat 15 persen pada 2016. Dan kunjungan terbesar dari negara Nordik,” kata Jokowi.

Dalam kunjungan kenegaraan ini, Raja Gustaf dan Ratu Silvia didampingi 35 pebisnis dari negara tersebut. Sehingga, ke depannya akan diselenggarakan Indonesia-Sweden Executive Forum.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) terkait dengan beberapa hal. Pertama, mengenai peningkatan kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Swedia.

“Saya menyambut baik ditandatanganinya dua dokumen kerja sama antar pemerintah di bidang bebas visa untuk paspor diplomatik dan dinas,” katanya.

Selanjutnya ada pula MoU dalam bidang kerja sama transportasi, navigasi udara dan bandara. Serta  yang terakhir adalah kerja sama dibidang industri kreatif.

“Beberapa kerja sama juga ditandatangani secara terpisah, yaitu kerja sama di bidang inovasi, di bidang kewirausahaan, di bidang sains dan pembiayaan pendidikan,” jelas Jokowi.

DOWNLOAD GRATIS:

Ebook Tutorial
e-Faktur Lengkap!

Isi form di bawah ini, ebook akan langsung kami kirim ke alamat email yang Anda gunakan di bawah ini!
KIRIM EBOOK SEKARANG

Category: Berita Bisnis , Berita ekonomi finansial

Tags: , ,