Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi ke Turki dalam rangka melepas kapal MVPP yang akan beroperasi di Belawan, Sabtu (22/4/2017)

Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi ke Turki dalam rangka melepas kapal MVPP yang akan beroperasi di Belawan, Sabtu (22/4/2017)

Kapal pembangkit listrik Karadeniz Powership Onur Sultan atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) sudah terlihat berlabuh dan sandar di Dermaga Khusus Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sicanang di Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara, pada Minggu (21/5/2017).

Kapal pembangkit listrik yang disewa PT PLN (Persero) dari Pemerintah Turki ini menempuh perjalanan sebulan lamanya untuk mencapai Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Direktur Bisnis Regional Sumatera PT PLN Amir Rosidin mengatakan, kapal pembangkit listrik MVPP sudah ditunggu-tunggu kedatangannya oleh masyarakat Kota Medan karena akan mengalirkan daya sebesar 240 megawatt (MW).

Dengan datangnya MVPP tersebut, masyarakat di Medan sangat berharap akan tercukupi kebutuhan listriknya, terutama menjelang bulan Ramadhan dan perayaan Idul Fitri.

Menurut Amir, salah satu kelebihan MVPP adalah memiliki kemampuan dual fuel yang dapat menggunakan bahan bahar minyak (BBM) jenis Heavy Fuel Oil (HFO) dan juga bahan bakar gas (BBG).

“Kapal pembangkit listrik ini kami sewa selama lima tahun untuk mengantisipasi defisit listrik dalam jangka pendek sehingga tidak ada lagi masalah pemadamam listrik di wilayah Sumbagut,” ujar Amir.

Amir juga menjelaskan bahwa MVPP akan di sinkronisasi dengan sistem kelistrikan Sumbagut pada Kamis (1/6/2017) dan ditargetkan resmi beroperasi (Commercial Operation Date/COD) pada minggu kedua Juni 2017.

Dengan masuknya tambahan daya 240 megawatt dari MVPP, nantinya daya mampu sistem Sumbagut dapat 2.287 megawatt dengan perkiraan beban puncak tertinggi mencapai 2.075 megawatt.

Hal ini membuat sistem Sumbagut memiliki cadangan daya sekitar 212 megawatt. Kapal ini diberangkatkan dari Istanbul, Turki pada bulan April 2017 yang serah terimanya dilakukan langsung Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi.

“MVPP datang bersama transmisi 275 kilovolt yang menjadi bagian dari proyek tol listrik Sumatera. Transmisi ini akan dioperasikan untuk mengevakuasi daya dari Sumatera Bagian Selatan dan Tengah ke Sumatera Bagian Utara sebesar 200 megawatt,” ujar Erry.

DOWNLOAD GRATIS:

Ebook Tutorial
e-Faktur Lengkap!

Isi form di bawah ini, ebook akan langsung kami kirim ke alamat email yang Anda gunakan di bawah ini!
KIRIM EBOOK SEKARANG

Category: Berita Bisnis

Tags: , ,