Dengan alasan rutinitas kerja yang begitu padat, banyak orang yang meninggalkan hobinya begitu saja. Padahal sebenarnya ada banyak hobi yang ternyata bisa menghasilkan tambahan income bagi para pelakunya.

Ya, meskipun uang yang didapatkan tidaklah sebesar bulananmu, tapi beberapa hobi di bawah ini ternyata bisa memberimu uang tambahan hingga jutaan rupiah setiap bulannya.

Hobi apa saja yang bisa mendatangkan uang jutaan? Inilah 5 hobi yang menghasilkan.

1. Merajut
Apalagi sekarang ini produk homemade seperti kerajinan rajut diminati pasar lokal maupun internasional. Nilai jualnya pun lebih mahal di pasaran karena umumnya produk handmade bersifat limited edition. Tidak heran jika sekarang ini produk kerajinan rajut bisa laku di pasaran dengan harga ratusan sampai jutaan rupiah.

2. Videographer
Dari pada Anda hanya narsis di media sosial, mending jadi Youtubers atau jadi seorang video maker. Contohnya jadi videographer acara pernikahan, membuat film pendek atau bisa juga membuka layanan jasa video branding untuk online shop ataupun perusahaan-perusahaan besar ingin memperkuat branding melalui konten video.

3. Travelling
Hobi jalan-jalan ke berbagai destinasi wisata ternyata tidak hanya menghabiskan banyak uang, akan tetapi juga bisa mendatangkan penghasilan. Contohnya seperti jadi travel blogger atau bisa juga jadi tour guide bagi wisatawan asing yang datang ke kotamu. Lumayan sekali memandu Anda bisa dapat uang ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

4. Melukis Fashion
Jangan mengabaikan hobi menggambar yang Anda punya, Anda bisa manfaatkan hobi tersebut untuk membuat produk-produk fashion dengan desain lukisan yang Anda buat. Misalnya seperti membuat sepatu lukis, kaos lukis atau bisa juga yang sekarang ini sedang hits adalah hijab dan mukena lukis.

5. Henna
Perkembangan hijab style yang belakangan ini semakin pesat, ternyata juga memberikan rejeki tersendiri bagi para pelaku henna artist. Jika Anda hobi menghias henna di tangan, kenapa tidak mencoba menyalurkan keahlianmu dengan membuka jasa henna. Tarif henna artist di pasaran cukup lumayan, sekali merias Anda bisa mendapatkan uang mulai dari Rp 300-500 ribu. Bisa Anda bayangkan jika dalam sebulan Anda dapat 10 tawaran rias henna?

Semoga bermanfaat.

Sumber: detikFinance


Category: Berita Bisnis

Tags: , , , ,